CARA MENGINSTALL FEDORA 19

Assalamu alaikum wr.wb
Kali ini kita akan membahas cara menginstal FEDORA 19 yang merupakan salah satu distro dari LINUX. Sebelum kita mulai menginstal, aku jelasin dulu sedikit tentang FEDORA. FEDORA adalah distro Linux garapan komunitas yang disponsori oleh perusahaan Red Hat (Sebagaimana UBUNTU disponsori perusahaan Canonical). Dulunya hanya ada distro Linux Red Hat yang tidak gratis, tetapi kemudian perusahaan Red Hat mengeluarkan versi gratisnya. Nama sebenarnya dari Fedora ini yakni Fedora Core, yang merupakan Red Hat Enterprise versi komunitas. Fedora Core dilepas oleh Red Hat kepada komunitas dengan tujuan uji coba segala teknologi baru sebelum teknologi itu dimasukkan ke dalam RedHat Enterprise Linux, makanya ia memiliki sistem manajemen paket RPM (RedHat Package Management) yang menjadi saingan DEB. Distro berbayar Red Hat Enterprise Linux (RHEL) itu dibuat dari Fedora.
Inilah tampilan antar muka FEDORA 19

berikut langkah-lankah menginstal FEDORA 19 
 
  1. klik Instal to Hard Drive pada saat pertama kali booting fedora berjalan atau bisa juga klikactivities terus cari Install to Hard Drive, seperti pada gambar berikut :



  2. setelah itu kita akan menuju instalasi Fedora 19. Pilih bahasa yang ingin digunakan disini saya menggunakan bahasa English (United States), setelah memilih bahasa yang ingin digunakan, klik Continue untuk melanjutkan instalasi Fedora 19.



  3. Kemudian kita akan diarahkan ke Ringkasan Instalasi. Disini kita bisa mengatur waktu & tanggal, konfigurasi jaringan, tujuan instalasi serta tipe keyboard yang akan digunakan.



  4. Disini saya mengatur waktu & tanggal terlebih dahulu. klik DATE & TIME, kemudian klik di negara mana anda tinggal atau daerah anda setelah itu off-kan Network Time. Jika sudah selesai klik DONE.



  5. Kemudian klik NETWORK CONFIGURATION, setelah itu ubah Hostname sesuai dengan keinginan anda dan klik DONE jika sudah selesai.



  6. Berikutnya klik INSTALLATION DESTINATION, setelah itu centang HARDISK yang digunakan lalu klik DONE. Kemudian akan muncul tampilan INSTALLATION OPTIONS klik CONTINUEuntuk melanjutkan.





  7. Disini kita akan membuat sebuah VolumeGroup LVM (Logical Volume management) untuk menyimpan partisi / dan swap. Detail partisi yang akan kita buat adalah : /boot, LVM PV (untuk partisi / dan swap), dan /home (untuk menimpan data). kalau ingin membuat partisi tinggal klik tanda tambah (+) saja. Jika telah selesai membuat partisi klik DONE untuk melanjutkan.

    Disini saya mengatur partisi saya sebagai berikut :
    - /boot => 500mb
    - /home => 15 GB
    - swap => 2 GB
    - / (sisa memori)



  8. Jika semua telah selesai di ubah, maka tombol BEGIN INSTALLATION akan aktif klik BEGIN INSTALLATION untuk melanjutkan pengistalan.



  9. Setelah itu kita akan diarahkan ke CONFIGURATION proses akhir dari penginstalan.



  10. Pada jendela CONFIGURATION klik ROOT PASSWORD untuk membuat password Super User. Jika telah selesai membuat pawwword Super User klik DONE.



  11. Kemudian klik USER CREATION, setelah mengisi semua data yang ada klik DONE untuk melanjutkan.



  12. Terakhir tunggu sampai proses instalasi selesai. Kemudian klik QUIT untuk keluar dari instalasi.



  13. Matikan/restart Laptop dengan cara klik LIVE SYSTEM USER yang ada di pojok kanan atas lalu klik POWER OFF .

  14. Hidupkan kembali laptop / pc anda kemudian masuk dengan user yang telah dibuat sebelumnya.

    Tampilan FEDORA pada saat sesudah menginstal, klik NEXT aja.




    Sekian dan terima kasih
    Wassalamu alaikum wr.wb

    #Salam_Logika

0 komentar:

Posting Komentar

Entri Populer